Categories
Uncategorized

Solidiritas dari Women’s March Jakarta

“Hidup perempuan! Solidaritas!”

8 Maret 2019, Hari Perempuan Internasional

Selamat Hari Perempuan Internasional dari saudarimu di Jakarta, Indonesia!

Kebanyakan masalah yang kami hadapi di Indonesia adalah sama dengan masalah yang dihadapi di Malaysia. Angka perkawinan anak masih tinggi. Kekerasan terhadap perempuan masih terlalu sering terjadi, apalagi di ranah domestik. Suara perempuan masih jarang didengar di ruang legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Pekerja perempuan masih sering dipecat karena menikah atau hamil. Akses pelayanan kesehatan reproduksi non-diskriminatif dan pendidikan seks masih minim. Perlindungan hukum untuk perempuan masih jauh dari yang diharapkan.

Pada Hari Perempuan Internasional tahun 2019 ini, kami di Jakarta ingin menyampaikan kepada kawan-kawan kami di Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu, bahwa kita selalu akan berjuang bersama. Masalah perempuan di Malaysia juga merupakan masalah perempuan di Indonesia. Kita adalah saudari. Kita harus berjuang bersama untuk mencari keadilan untuk semua. We are sisters. We will fight together to seek justice for all.

Di Indonesia, Women’s March akan turun ke jalan pada akhir bulan April karena sedang menuju pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. Kami khawatir aksi kami akan dipolitisasi oleh pihak lain, dan kami khawatir atas keamanan dan kenyamanan peserta. Banyak tuntutan kami dianggap kontroversial atau tidak sesuai dengan norma budaya dan agama. Sistem demokrasi kita, di Malaysia maupun di Indonesia, belum sempurna dan malah sering merupakan ancaman kepada kebebasan kita. Semoga aksi hari ini di Malaysia berjalan dengan lancar. Kalau perempuan bersatu, kita tidak bisa dikalahkan!

Hidup perempuan! Solidaritas!